Tingkatan Kognitif Pertanyaan

Dalam Kurtilas ( Kurikulum 2013 ) siswa sangat diharapkan mau dan mampu serta trampil dalam bertanya. Untuk itulah seorang guru juga harus sering dan membiasakan siswa berlatih membuat kalimat pertanyaan dengan tingkatan kognitif tinggi.

Berikut ini daftar kata kunci pertanyaan kognitif rendah dan kognitif tinggi.

Tingkatan

Subtingkatan

Kata-kata kunci pertanyaan

Kognitif yang lebih rendah

§ Pengetahuan (knowledge)

§  Apa...

§  Siapa...

§  Kapan...

§  Di mana...

§  Sebutkan...

§  Jodohkan atau pasangkan...

§  Persamaan kata...

§  Golongkan...

§  Berilah nama...

§ Pemahaman (comprehension)

§ Terangkahlah...

§ Bedakanlah...

§ Terjemahkanlah...

§ Simpulkan...

§ Bandingkan...

§ Ubahlah...

§ Berikanlah interpretasi...

§ Penerapan (application

§ Gunakanlah...

§ Tunjukkanlah...

§ Buatlah...

§ Demonstrasikanlah...

§ Carilah hubungan...

§ Tulislah contoh...

§ Siapkanlah...

§ Klasifikasikanlah...

 

 

 

 

 

 

 

§  

§  

Kognitif yang lebih tinggi

§ Analisis (analysis)

 

§ Analisislah...

§ Kemukakan bukti-bukti…

§ Mengapa…

§ Identifikasikan…

§ Tunjukkanlah sebabnya…

§ Berilah alasan-alasan…

§ Sintesis (synthesis)

§ Ramalkanlah…

§ Bentuk…

§ Ciptakanlah…

§ Susunlah…

§ Rancanglah...

§ Tulislah…

§ Bagaimana kita dapat memecahkan…

§ Apa yang terjadi seaindainya…

§ Bagaimana kita dapat memperbaiki…

§ Kembangkan…

§ Evaluasi (evaluation)

§ Berilah pendapat…

§ Alternatif mana yang lebih baik…

§ Setujukah anda…

§ Kritiklah…

§ Berilah alasan…

§ Nilailah…

§  

 

 

 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Informasi / Kelas 2 SD / Kurikulum 2013 dengan judul Tingkatan Kognitif Pertanyaan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://siwanbelajar.blogspot.com/2014/07/tingkatan-kognitif-pertanyaan.html. Terima kasih!

Baca Juga :

Ditulis oleh: SIGIT SETIYAWAN - Selasa, 08 Juli 2014

Belum ada komentar untuk "Tingkatan Kognitif Pertanyaan"

Posting Komentar