Perbedaan Kurikulum KBK–KTSP dan Kurikulum 2013
No | KBK 2004 | KTSP 2006 | Kurikulum 2013 |
1 | Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari Standar Isi | Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari kebutuhan | |
2 | Standar Isi dirumuskan berdasarkan Tujuan Mata Pelajaran (Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran) yang dirinci menjadi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran | Standar Isi diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan melalui Kompetensi Inti yang bebas mata pelajaran | |
3 | Pemisahan antara mata pelajaran pembentuk sikap, pembentuk keterampilan, dan pembentuk pengetahuan | Semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan, | |
4 | Kompetensi diturunkan dari mata pelajaran | Mata pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin dicapai | |
5 | Mata pelajaran lepas satu dengan yang lain, seperti sekumpulan mata pelajaran terpisah | Semua mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti (tiap kelas) |
KBK dan KTSP | KURIKULUM 2013 | ||
1 | Berpusat pada Guru | Berpusat pada Siswa | |
2 | Satu Arah | Interaktif | |
3 | Isolasi | Lingkungan Jejaring | |
4 | Pasif | Aktif-Menyelidiki | |
5 | Maya/Abstrak | Konteks Dunia Nyata | |
6 | Pribadi | Pembelajaran Berbasis Tim | |
7 | Luas (semua materi diajarkan) | Perilaku Khas Memberdayakan Kaidah Keterikatan | |
8 | Stimulasi Rasa Tunggal (beberapa panca indera) | Stimulasi ke Segala Penjuru (semua Panca indera) | |
9 | Alat Tunggal (papan tulis) | Alat Multimedia (berbagai peralatan teknologi pendidikan) | |
10 | Hubungan Satu Arah | Kooperatif | |
11 | Produksi Massa (siswa memperoleh dokumen yg sama) | Kebutuhan Pelanggan (siswa mendapat dokumen sesuai dgn ketertarikan sesuai potensinya) | |
12 | Usaha Sadar Tunggal (mengikuti cara yang seragam) | Jamak (keberagaman inisiatif individu siswa) | |
13 | Satu Ilmu Pengetahuan Bergeser (mempelajari satu sisi pandang ilmu) | Pengetahuan Disiplin Jamak (pendekatan multidisiplin) | |
14 | Kontrol Terpusat (kontrol oleh guru) | Otonomi dan Kepercayaan (siswa diberi tanggungjawab) | |
15 | Pemikiran Faktual | Kritis (membutuhkan pemikiran kreatif) | |
16 | Penyampaian Pengetahuan (pemindahan ilmu dari guru ke siswa) | Pertukaran Pengetahuan (antara guru dan siswa, siswa dan siswa lainnya) |
Belum ada komentar untuk "Perbedaan Kurikulum KBK–KTSP dan Kurikulum 2013"
Posting Komentar