RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SDN NGUPASAN
Kelas / Semester : II / I
Tema / Subtema / PB : Tugas Sehari - hari/Tugasku Sehari – hari di Rumah
Alokasi waktu : 1 x Pertemuan ( 5 x 35 menit )
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah
Tuhan
2.1 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktifitas fisik
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktifitas
fisik
4.10Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan
aktifitas fisik
Indikator
3.10.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan aktifitas fisik
3.10.2 Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktifitas fisik
3.10.3 Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktifitas fisik
4.10.1 Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktifitas fisik
4.10.2 Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktifitas fisik
PPKn
Kompetensi Dasar
1.2 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama suku bangsa, ciri – ciri fisik, psikis dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
4.11Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila
3.2.. Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2.. Melaksanakan tata tertib dan aturan lingkungan keluarga dan di sekolah
Indikator
3.2.4 Menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari – hari di rumah
4.2.1 Berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
4.12Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan / atau bahasa daerah
3.3 Mengenal teks buku harian tantang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk untuk membantu pemahaman
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluaraga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.3.6 Menceritakan dokumen milik keluarga
4.3.4 Membacakan teks buku harian dokumen milik keluarga yang telah ditulis
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati media gambar, siswa dapat mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktifitas fisik dengan cermat.
2. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan aktifitas fisik dengan cermat.
3. Dengan mengetahui kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan aktifitas fisik, siswa dapat mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktifitas fisik dengan cermat.
4. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat menceritakan kegiatan yang boleh dilakukkan setelah melakukan aktifitas fisik dengan percaya diri
5. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat menceritakan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktifitas fisik dengan percaya diri
6. Dengan menanya teman, siswa dapat mencatat dokumen keluarga yang dimiliki temannya dengan disiplin
7. Dengan catatan dokumen keluarga, siswa dapat menceritakan isi dokumen milik keluarga dengan percaya diri
8. Dengan dokumen keluarga yang telah dibacakan, siswa dapat mencatat dokumen teman yang berbeda dengan cermat
9. Dengan catatan harian yang telah dibacakan di rumah, siswa dapat membacakan kembali teks buku harian dokumen milik keluarga yang telah ditulis dengan cermat
10. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari – hari di rumah dengan percaya diri
11. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat mengelompokkan dokumen teman berdasarkan dokumen pribadi dan dokumen keluarga dengan percaya diri
D. MATERI
1. Mengamati gambar “ Bermain Bola Kasti “
2. Membaca teks bacaan tentang “ Bermain Bola Kasti “
3. Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktifitas fisik.
4. Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan aktifitas fisik .
5. Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktifitas fisik
6. Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukkan setelah melakukan aktifitas fisik
7. Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktifitas fisik
8. Mencatat dokumen keluarga yang dimiliki temannya
9. Menceritakan isi dokumen milik keluarga dengan percaya diri
10. Mencatat dokumen teman yang berbeda
11. Membacakan kembali teks buku harian dokumen milik keluarga yang telah ditulis
12. Menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari – hari
13. mengelompokkan dokumen teman berdasarkan dokumen pribadi dan dokumen keluarga dengan percaya diri
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Metode : Penugasan, tanya jawab, diskusi ,ceramah, cerita, dan demonstrasi
2. Pendekatan : Saintifik ( mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan
mengkomunikasikan )
3. Model Pembelajaran : Discovery Learning
F. Media, alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Gambar “ Bermain Bola Kasti “; teks bacaan tentang “ Bermain Bola
Kasti “, gambar gerakan pemanasan; gambar gerakan pendinginan;
gambar yang boleh dan yang dihindari setelah melakukan aktifitas fisik;
macam- macam dokumen pribadi dan keluarga
2. Alat : -
3. Sumber Belajar : Irene,dkk.2014. Buku Siswa kelas II Tema 3 “Tugasku Sehari – hari “.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Langkah – langkah DL | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu | ||
Pendahuluan |
| 1. Guru membuka pelajaran dengan menyapa peserta didik dan menanyakan kabar mereka. 2. Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin doa menurut agama dan keyakinan masing-masing. 3. Guru melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa 4. Guru melakukan apersepsi dengan mengajak peserta didik menyanyi “Jari dan Jempol” · Jari dan jempol tangan digoyang · Jari dan jempol kepala digoyang · Hatiku selalu riang · Jari dan jempol badan digoyang · Jari dan jempol kaki di goyang · Hatiku selalu riang 5. Guru memotivasi peserta didik agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan 6. Guru bertanya jawab tentang gerakan yang baru saja dilakukan. Dan apa bedanya setelah menggerakkan tangan dan kepala dengan sebelum melakukan gerakan 7. Guru meminta informasi dari siswa hubungannya dengan kegiatan yang dilakukan di rumah dengan gerakan yang tadi dilakukan sebelum pelajaran dimulai. 8. Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini, dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami daritema “ Tugasku Sehari - hari” | 10 menit | ||
Inti | Menciptakan situasi ( stimulasi)
Problem statemen (pernyataan/ identfikasi masalah) | 1. Siswa mengamati gambar “Bermain Bola Kasti “ dengan cermat yang ada di buku siswa. Kegiatan ini merupakan kegiatan stimulasi sebelum proses pembelajaran.
2. Siswa diajak untuk mengggali informasi lebih detail lagi mencakup ciri-ciri yang ada dalam gambar : · Banyak anak yang bermain bola kasti · Tempat bermain di halaman · Ada yang memukul bola · Ada yang melempar bola · Ada yang jaga ,dll 3. Kegiatan dilanjutkan dengan siswa membaca teks bacaan ‘ Bermain Bola Kasti “ Bermain Bola Kasti Siti, Beni, dan teman-temannya bermain di halaman rumah. Mereka bermain bola kasti. Mereka melakukan pemanasan sebelum bermain. Di dalam permainan bola kasti terdapat gerakan lari. Mereka melakukan gerakan pendinginan setelah bermain. Siti bermain untuk menjaga kebugaran tubuh. Tugas Siti adalah selalu menjaga kebugaran tubuh.
1. Pengamatan diperluas dengan memotivasi terhadap siswa untuk menanya tentang: - Apakah yang dilakukan Siti? - Gerakan apa saja yang dilakukan Siti? - Apakah yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh? 2. Selanjutnya siswa diajak untuk mengdenditikasi permasalahan yang ada hubungannya dengan kegiatan Siti.
3. Siswa diajak keluar kelas untuk melakukan kegiatan bermain bola kasti. 4. Siswa dibimbing untuk melakukan gerakan pemanasan sebelum melakukan aktifitas fisik 5. Siswa selanjutnya mempraktikan bermain bola kasti 6. Siswa setelah melakukan permainan bola kasti, kemudian dibimbing oleh guru untuk melakukan gerakan pendinginan 1. Siswa kembali ke dalam kelas. 2. Siswa bersama kelompoknya memperhatikan gambar gerakan pemanasan, gerakan permainan bola kasti dan gerakan pendinginan 3. Siswa diberi kesempatan untuk mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan aktifitas fisik
| 150 menit | ||
|
Pengumpulan data
Pembuktian
Kesimpulan |
1. Siswa berdiskusi bersama kelompoknya untuk mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktifitas fisik 2. Siswa berdiskusi bersama kelompoknya untuk mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktifitas fisik
3. Siswa memperhatikan gambaran gambar Kartu Keluarta
1. Guru membimbing siswa untuk menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktifitas fisik 2. Siswa menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktisitas fisik berdasarkan hasil diskusi bersama kelompoknya 3. Siswa menceritakan kegiatan yang dihindari dilakukan setelah melakukan aktifitas fisik berdasarkan hasil diskusi bersama kelompoknya 4. Siswa mencatat dokumen keluarga milik temannya 5. Siswa mendiskusikan contoh perilaku yang bertentangan dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah 6. Siswa menjelaskan manfaat mematuhi aturan dalam kehidupan sehari – hari di rumah
1. Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan alasan tidak diperbolehkan melakukan gerakan yang menguras energi dan makan makanan dingin setelah bermain kasti 2. Siswa menyimpulkan alasan tidak diperbolehkan melakukan gerakan yang menguras energi dan makan makanan yang dingin setelah melakukan aktifitas fisik 3. Siswa menceritakan dokumen milik temannya di depan kelas 4. Siswa melaporkan hasil diskusi tentang contoh perilaku yang bertentangan dengan aturan yang berlaku di dalam kehidupan sehari – hari di rumah 5. Siswa menjelaskan manfaat mematuhi aturan dalam kehidupan sehari – hari di rumah | |||
|
Penutup |
|
| ||
|
| ||||
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari 1. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 2. Melakukan penilaian hasil belajar 3. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
| 15 menit | ||||
H. SUMBER DAN MEDIA
· Diri anak
· Lingkungan keluarga
· Buku Tematik Kelas I
· Buku Pengembangan Diri Anak
· Gambar tentang gerakan pemanasan dan pendinginan
· Gambar gerakan yang boleh dilakukan dan yang dihindari setelah melakukan aktifitas fisik
· Gambar permainan kasti
· Alat permainan kasti
I. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian sikap
b. Penilaian pengetahuan : tes tertulis
c. Penilaian Ketrampilan
- Membuat Pertanyaan
- Menulis laporan hasil pengamatan
- Bercerita tentang dokumen milik temannya
- Menjelaskan tentang manfaat berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku sehari – hari di dalam keluarga
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap
No | Nama | Perubahan tingkah laku | |||||||||||
Percaya diri | teliti | santun | |||||||||||
BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | BT | MT | MB | SM | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Guru Kelas
Kepala Sekolah,
.................................................... ...............................................
NIP ............................................. NIP ........................................
INI PB BERAPA YA PAK?
BalasHapus